Jangan Nyalakan Handphone di Pesawat

menyalakan-handphone-di-pesawatPeristiwa pendaratan Lion Air di perairan Bali belum diketahui penyebabnya. Dalam kondisi darurat semacam itu, penumpang harus mengikuti arahan awak kabin. Karena, keselamatan penerbangan tidak terlepas dari sikap penumpangnya.

Ada banyak arahan yang harus Anda perhatikan dari awak kabin saat traveling dengan pesawat. Tentu saja, arahan tersebut bertujuan untuk memberikan kemanan dan kenyamanan selama penerbangan. Satu arahan yang sering ditekankan dari awak kabin saat hendak terbang adalah, jangan menyalakan ponsel!

Ya, awak kabin akan mengingatkan Anda untuk tidak menyalakan ponsel saat pesawat hendak lepas landas dan mendarat. Awak kabin pun selalu mengingatkan, sinyal ponsel dapat merusak sinyal komunikasi antara pilot dan petugas bandara

“Orang yang ngotot untuk hidupin HP sebelum pesawat mendarat, itu sikap yang konyol!” tegas pengamat penerbangan Alvin Lie, kepada detikTravel, Senin (15/4/2013).

Alvin menambahkan, baiknya penumpang jangan menyalakan ponsel saat pesawat hendak mendarat. Sebabnya, apapun bisa terjadi sebelum pesawat berhenti. “Kalau mau mendarat, pesawat masih rolling di runway, itu bisa saja kebablasan,” ujarnya.

Mengapa ponsel sebaiknya tidak dinyalakan saat pesawat hendak mendarat atau pun lepas landas?

“Begini, coba taruh HP di dekat TV atau radio. Kalau ada SMS masuk, pasti ada suara ‘tetet..tetet..tetet’. Sinyalnya terganggu,” kata alvin.

Nah, rupanya hal seperti itu juga akan merusak komunikasi antara pilot dan menara lalu lintas udara yang disebut ATC. “Bayangkan kalau ada banyak HP di dalam pesawat, tak cuma satu. Sinyal juga akan menganggu auto pilot dan alat bantu navigasi,” papar Alvin.

Ketika pesawat hendak terbang, pilot akan mendapat arahan dari menara lalu lintas untuk terbang. Pilot akan tahu harus terbang di ketinggian berapa dan lewat mana. Adanya sinyal ponsel saat itu, dipastikan akan menganggu komunikasi pilot.

“Auto pilot berkomunikasi dengan awak-awak navigasi yang ada di darat atau di laut dan semua mengandalkan radio. Ketika ada sinyal HP, itu bisa terganggu,” papar Alvin.

Oleh sebab itu, jangan pernah nyalakan ponsel Anda saat berada di dalam pesawat yang hendak terbang atau mendarat. “Kalau mau menyalakan HP, baiknya saat keluar dari landasan. Kalau masuk lapangan parkir juga silakan, karena navigasi sudah tidak menggunakan auto pilot,” kata Alvin.

“Paling sering itu orang menyalakan HP saat pesawat mendarat, itu konyol banget!” cetus Alvin.

sumber: travel.detik.com

Publish on April 29th, 2013 under Artikel by admintukutiket | No Comments »

Leave a Reply